Bulan lalu datapirantiutama.co mendapat kepercayaan sebagai representative support sebuah perusahaan di Jakarta- bisnis partner Alcatel-Lucent. Tugasnya untuk melakukan preventive maintenance di salah satu hotel di ITDC Nusa Dua - Bali.
Image by: DPU Bali - Maitenance PABX Alcatel, Bali. -datapirantiutama.co |
Sebagai informasi hotel dengan kapasitas lebih dari 500 kamar tersebut sudah menggunakan PABX Alcatel OmniPCX lebih dari 10 tahun yang lalu. Sebagai pihak yang terlibat pada pekerjaan instalasi beberapa tahun yang lalu kami mengerti bagaimana infrastruktur dan sistem yang ada dihotel tersebut. Singkat cerita preventive maintenance pabx alcatel pun dilakukan. Setelah bertemu Technical Service Manager kami pun memasuki ruangan PABX yang terletak dekat dengan security check point. Preventive Maintenance dimulai dengan general cleaning diruangan PABX, selanjutnya melakukan physicals check terhadap modul-modul (card alcatel: CPU8, eUAI32, eZ32-32, NDDI2-2, NPRA, RMA card, INTIP dll) selanjutnya melakukan pengecekan connectifity dengan PABX PC Maintenance Console, dengan billing system dan koneksi antara CPU8-A dan CPU8-B.
Setelah pengecekan koneksi diatas selesai, selanjutnya dilakukan pengecekan status card yang terpasang pada PABX Alcatel secara system - inService adalah status yang menunjukkan bahwa modul atau card-card tersebut berjalan normal. Pengecekan dilanjutkan pada port masing-masing card eZ32-2 dan eUA32. Beberapa hal lain yang dilakukan pada preventive maitenance kali ini adalah:
- Pengecekan CO Trunk - baik dari sistem maupun dari MDF provider. melakukan trial outgoing dan incomming call. pada pengetesan ini ada beberapa hal penting sekaligus yang menjadi perhatian antara lain: CO Line-Trunk, Greetings (automated attendant), pilihan bahasa, background music atau music on hold.
- Voice Mail System Check; testing retrieve message dan test leave message
- Redundant System, melakukan switch over CPU-a ke CPU-b atau sebaliknya.